Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

RSS

Menentukan Arah Mata Angin


Menentukan Arah Mata Angin Beberapa cara menentukan arah mata tanpa kompas adalah sebagai berikut :

  1.  Menggunakan Bayangan Di Indonesia matahari terbit dari arah timur dan tenggelam arah barat. Cahaya matahari bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, pada pagi hari bayangan matahari cenderung ke arah barat dan pada sore hari bayangan akan cenderung ke arah timur. Bayangan matahari ini juga bisa untuk menentukan waktu.
  2. Melihat Masjid Masjid bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, arah masjid di Indonesia cenderung mengarah ke Barat atau masjidil haram (Ka’bah), bila dalam suatu perjalanan kita bingung menentukan arah mata angin kita bisa melihat arah masjid. Dan tentu saja ini tidak berlaku di semua negara, hanya berlaku di negara-negara sebelah timur Arab.
  3. Manfaatkan Pohon Bagi anda yang tersesat di hutan, coba perhatikan pohon. Perhatikan setiap sisi batang pohon. Sisi pohon berbatang besar yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah barat/timur. Jika tersesat pada malam hari, coba raba sisi pohon berbatang besar ini, dan rasakan suhunya. Suhu yang agak hangat merupakan sisi yang terakhir kali terkena sinar matahari, maka itu menentukan arah barat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: